Sunday, March 30, 2008

Tiramisu

ingredients:
6 kuning telur
235 gr gula pasir (aku pake gula halus)
2 pak keju mascarpone @ 8 oz
1 1/2 cangkir whip cream (aku pake yg light)
24 (1 pak) ladyfingers
1 sdm vanilla (atau rhum)
3/4 cangkir semisweet choco chip
1 cangkir kopi kental (aku pake kopi instant biasa)
3 sdm bubuk coklat utk ditabur diatas kue (aku pake 1 bks hot coklat)

Directions:
Kocok kuning telur dan gula 2 - 3 menit, masukkan mascarpone dan vanilla, kocok sampai tercampur rata.
Kocok whip cream sampai lembut (kata mbak Ienas jangan lama-lama cukup sampai stiff, ternyata benar kalau kurang ngocoknya adonan akan lebiu cair sehingga susah dipotong). Lakukan ini ditempat terpisah. Kemudian campur dengan adonan pertama.
Campur kopi dan coklat, beri air panas dan aduk rata. Ini untuk mencelup 12 ladyfingers.
Atur ladyfingers yang sudah dicelup dipinggan, tuangi separuh campuran adonan 1 dan 2, ratakan.
Atur sisa ladyfingers diatasnya dengan cara yang sama.
Simpan dilemari es semalam sebelum dihidangkan. Dan taburi bubuk coklat.
(Yang aku lakukan, aku taburi dengan bubuk hot coklat begitu selesai baru kemudian, aku simpan di lemari es semalaman)

4 comments:

Ferry Astika Saputra said...

mbak hany...sehati kali ya... kemis minggu lalu aku jg barusan nyoba bikin tiramisu...
uenak ya mbak, jd ketagihan, abis safa seneng nih.....

mama safa

Hany Von Gillern said...

Bill juga ketagihan sama dessert italia yang satu ini Nis, ini dah bikin yang kedua kalinya. Emang enak ya ... tapi kalorinya tinggi juga.

A.G said...

cara telurnya dimasak sebelah mana ?

Hany Von Gillern said...

itu tips tambahan, dari temanku. Disitu memang gak aku tulis karena aslinya memang gak pake di tim adonannya.