Thursday, October 14, 2010

Bakso 2

Judulnya bakso 2, resep bakso 1 ada di postingan tahun 2007. Sejarahnya, resep bakso ini saya dapat dari blog Henny K Teguh. Disana ditulis "Bakso cakep ala mbak Esther" Konon Henny belajar dari mbak Esther cara membuat bakso ini.

***



bahan :
1 kg daging sapi cincang yang sudah digiling 3x (saya hanya menggiling 1x ketika mencampur semua bahan dengan mixer)
25 gr bawang merah
20 gr bawang putih cincang
20 gr bawang putih goreng
25 gr garam
20 gr gula pasir
7.5 gr merica
10 gr vetsin (kalau suka)
100 gr tepung kanji
2 butir telur
2 sdm baking powder

2000 cc air + 2 bks kaldu sapi instant / kaldu rebusan tulang iga atau tulang sengkel dengan sedikit garam, agar baksonya lebih gurih (saya lewati yang ini).

Cara :
* Giling 3 macam bawang, garam, gula halus dan vetsin sampai halus (saya campur semua bahan jadi satu kecuali telur dan menggilingnya sekaligus)
* Campur dengan daging yang sudah didinginkan di kulkas, uleni sampai rata (Hasil gilingan saya simpan di kulkas sementara karena saya belum punya telur. Baru malam hari saya campurkan dan giling kembali)
* Giling sampai lembut dengan food processor (FP)
* keluarkan daging lembut dari FP, masukkan dalam baskom, tambahkan kanji dan baking powder, uleni lagi sampai tercampur rata.
* Giling kembali dengan FP sampai tercampur rata.
* Simpan dalam lemari es minimal 6 jam.
* Setelah 6 jam, bentuk bakso, jaga agar aur tidak sampai mendidih selama bakso dimasukkan. Masak bakso hingga mengapung, angkat dan tiriskan.







No comments: