Thursday, May 31, 2007

Belajar Mendekorasi Kue

Libur kerja 3 hari memperingati hari pahlawan Amerika "Memorial Day" selain bersihin rumah, hari Minggunya aku pake untuk coba-coba menghias kue. Setelah tanya sama Rita dan Nunung, ngintip resep-resep mereka dan juga "searching" di internet akhirnya Minggu pagi-pagi dengan semangat 45 langsung masuk dapur bikin fondantnya seperti resep Wilton dari Rita. Untuk kuenya, aku pilih cara yang paling praktis beli kue "pond cake" yang siap santap di toko. Setelah setengah jalan, adonan tampaknya sudah siap di giling, tapi ternyata setelah digiling lengket di meja, aku bertahan untuk tidak pake semua gula yang disarankan, hanya pakai 3/4 dari resep. Jadi inilah hasilnya, permukaan kue yang seperti tambalan, atau malah antik ya karena jadi kayak "quilt" ...hehehehe ... para pakar "cake decorating" silahkan di kritisi!

***



Resep Fondant (Rita Kitchen Dari Wilton) :
Marshmallow Fondant
1/4 cangkir vegetable shortening (Crisco)
1 pound mini marshmallow
1 sdt clear vanilla extract
1 sdt butter flavor
2 sdm air
2 pound gula (Tidak aku pake semua gulanya; sisa 1/4)

Cara Buat :
Semir bagian dalam mangkuk tahan panas dengan vegetable shortening, masukkan marshmallow, butter flavor dan vanilla dan air. lelehkan dalam microwave selama 60 detik.
Jika marshmallow meleleh seluruhnya, kita siap melangkah ke langkah selanjutnya, jika tidak, aduk dan masukkan kembali mangkuk dalam microwave dan panaskan selama interval 30 detik, dan aduk sebelumnya setiap kali akan memanaskan kembali sampai marshmallow leleh semuanya.
Campur lelehan adonan tersebut dengan gula dengan "mixer" sampai tercampur rata.
Fondant siap di bentuk.
Untuk kueku, setelah coba melapisi permukaan kue, karena hasilnya kurang bagus, jadi aku bikin hiasan yang sekiranya dapat menutup "tambalan-tambalan" pada permukaan dengan hiasan bunga/kebun mini karena kebetulan sekarang sedang musim semi disini. Bikin hiasannya seperti kata Nunung dan Rita, hampir sama dengan membentuk polymer clay, cuma polymer clay lebih mudah karena gak gampang kering.


NB : Untuk yang tinggal di US, flavorings ada di Walmart di bagian perlengkapan "Cake decorating"

7 comments:

Rita Sella said...

Han... cakep eh... tambalannya kagak ketahuan amat... kesannya emang background alamnya... congrat say... ditunggu percobaan berikutnya. Ngasih tips aza, klo lengket.. scrub permukaan tempat nggilas fondant, pakek shortening... bakalan lancar deh. hugs, rita

Anisa said...

TOP deh, cake mbak Hany dah bagus banget.ayo terus berkreasi mbak, ditunggu postingan berikutnya

Nunung said...

Han...bagus kok cake decoration nya, ternyata ok juga ibu satu ini, buat nggilas fondant bisa pake shortening, bisa pake tepung maizena, jadi nggak bakal lengket.Selamat berkarya jeng..

Hany Von Gillern said...

Untuk Rita, Anisa dan Nunung :

makasih dorongan semangatnya, jadi gak patah hati gara-gara kuenya tambalan.

Syanti Dewi said...

Wahhh... cakep banget... duh mba... emang deh... tangannya terampil banget... jadi pengen nih bikin dari fondant... ayo mba bikin lagi biar tambah cantik... kalo tiue boleh ngasih nilai itu juga dah tie kasih 10 deh mba...

Hany Von Gillern said...

kasih nilai 10? yang bener aja Tie, entar diketawain sama para suhu. But makasih banyak ya Tie. Ayo coba juga, entar aku ngikutin ngeliat.

Sitha said...

Bagus Mbak. Cantik dan kelihatan natural. Tfs ya. Saya baru mau belajar per-fondant-an nih. Salam, Sitha